Dirjen PAS Segera Selesaikan Kasus Remisi Ilegal

Taufik Hidayat – Okezone
Senin, 10 Oktober 2011 22:29 wib

JAKARTA – Kasus dugaan pemberian remisi ilegal di Lapas Ketapang, Kalimantan Barat yang dilakukan, Kalapas Ketapang, Indra Sofyan masih terus ditelusuri.
 
Humas Ditjenpas Kemenkum HAM, Akbar Hadi Prabowo mengatakan telah dilakuan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak dalam kasus tersebut. “Kami terima pengaduan. Tapi belum ada laporan lagi dari Kanwil (Kalbar) karena masih dalam penelusuran jadi belum ada keputusan final,” kata Akbar saat dikonfirmasi wartawan, Senin (10/10/2011).
 
Akbar mengatakan pemerikasaan tidak lama lagi segera diselesaikan. Saat disinggung soal pemeriksaan Kalapas Ketapang, Akbar hanya mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan.
 
“Itu nanti saja, pokoknya ada beberapa yang sudah diperiksa. Targetnya (pemeriksaan) biasanya seminggu'” sambungnya.
 
Akbar mengataan perkara dugaan pemberian remisi ilegal adalah persoalan yang serius. Sebab, penerimaan remisi sudah ada aturannya dan selalu dilakukan secara terbuka. Bila terbukti ada pemberian remisi Ilegal, akan ada sanksi yang diberikan secara tegas.
 
“Sudah pasti akan kita tindak tegas. Ada beberapa orang yang pernah kita tindak karena penyalahgunaan kewenangan, bukan cuma terkait remisi,” pungkasnya.
 
Berdasarkan informasi yang dihimpun, pemberian remisi secara illegal ini diduga melibatkan terpidana illegal logging yang juga mantan Kapolres Ketapang, AKBP Akhmad Sun’an.
 
Mahkmah Agung telah menjatuhkan vonis bersalah kepada Sun’an dan mulai menempati lembaga pemasyarakatan (LP) Ketapang pada 30 Juli 2009.  Namun, Sun’an sudah mendapatkan remisi pada tanggal 17 Agustus 2009.
 
Sun’an belum genap menjalani hukuman 2 bulan di dalam Lapas namun langsung mendapatkan remisi 2 bulan yang kemudian disusul dengan Pembebasan Bersyarat (PB).
 
Selain Sun’an, dua anak buahnya yang juga terlibat dalam kasus yang sama, juga menpatkan perlakuan yang sama dari Lapas Ketapang. Keduanya dalah mantan Kasatreskrim Polres Ketapang AKP M Kadhapy Marpaung dan Kasat Polair Ketapang Iptu Agus Luthfiardi. Dalam pemberian remisi itu diduga ada pemberian uang sekira Rp65 juta.

(ful)

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: