20 Apr 2012 – Penahanan Tony Wong Dinilai Langgar HAM

Oleh: Berita Khatulistiwa
Jumat, 20 April 2012, 01:40 WIB

INILAH.COM, Pontianak – Komisi III DPR-RI menilai penahanan terhadap Tony Wong terdapat pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Pasalnya tetap mendekap dalam tahanan, padahal seyogyanya sudah selesai menjalani masa pidana. Karena Kejaksaan Negeri Ketapang menyebut dirinya masih ada kasus yang belum selesai.

“Dari laporan-laporan yang kita dapat, ini jelas pelanggaran HAM. Memang ada penyimpangan dari penegak hukum, tapi kita belum klarifikasi. Karena itu kita di banleg mengutamakan adanya perubahan. Supaya kejaksaan jangan melanggar UU,” kata Anggota Komisi III DPR-RI Nudirman Munir disela kunjungan kerja, Kamis (19/4) ke Lembaga Pemasyarakat Klas II A Pontianak.

Ia menyatakan penjelasan kejaksaan sangat diperlukan dalam permasalahan Tony Wong. Supaya secara jelas diketahui duduk permasalahannya. Karena pihaknya memerlukan informasi berimbang. Sementara ini informasi baru diperoleh dari pihak Tony Wong.

Menurut dia, Kejaksaan Agung akan dimintai klarifikasi kasus penahanan Tony Wong. Terkait masalah Tony Wong belum bisa mendapatkan pembebasan bersyarat. Karena Kejaksaan Negeri Ketapang tidak mengeluarkan surat keterangan tidak ada perkara lain sebagai syarat. Kejari menganggap Tony Wong masih tersangkut kasus tahun 2004.

“Untuk kejelasannya semua akan dimintai klarifikasi. Kalau memang ada kesalahan di Kejari Ketapang, maka harus ditindak. Termasuk penjelasan sampai kasusnya tidak teregister di Mahkamah Agung (MA). Kalau terbukti bersalah semua bisa dipidana,” jelas Politisi Partai Golkar, ini.

Karena itu, lanjut Nudirman, badan legislasi Komisi III dapat segera ketok palu pada 2012 tentang perubahan kejaksaan. Dimana, dalam perubahan itu diatur sanksi kepada Jaksa yang melanggar pidana dapat dikenai pidana maksimal 15 tahun penjara. “Nanti kita akan minta klarifikasi. Mudah-mudahan pelanggaran HAM seperti ini tidak terjadi lagi,” harapnya.

Sementara Tony Wong menilai sistem hukum yang berjalan sudah tidak sesuai prosedur. Membuat dirinya harus menjalani hukum untuk perkara tindak pidana korupsi maupun ilegal logging. Meski sudah habis masa hukuman, tetap berada di tahanan. Karena dianggap mempunyai perkara di tahun 2004 yang belum selesai.

“Saya hanya ingin keadilan. Kalau hukum seperti ini bukan memberikan rasa keadilan. Ini seperti balas dendam kepada saya,” kesalnya.

Oleh karena itu, Tony Wong menyampaikan sikap protes terhadap kejaksaan yang membuatnya harus kehilangan hak mendapatkan pembebasan bersyarat. Padahal dirinya telah membuat laporan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham RI. Mengadukan kasusnya pada tahun 2007 dan 2009 sudah diputuskan sekaligus telah menjalani hukuman. Sementara kasus yang tahun 2004 belum selesai, dia sudah menjalani hukuman untuk putusan tahun 2007 dan 2009.

“Saya minta dukungan DPR, putusan saya tidak ada di MA. Kejaksaan arogan,” kata dia.
Diketahui, Tony Wong dipidana dalam perkara ilegal loging dan korupsi Provisi Sumber Dana Hutan (PSDH) dan Dana Reboisasi. Kedua perkara tersebut digunakan kepolisian dan kejaksaan Ketapang untuk menangkap Tony Wong yang telah membongkar praktek ilegal loging di Ketapang. Padahal diduga praktek ilegal loging tersebut mengakibatkan kerugian negara hingga ratusan triliun rupiah.

Akibat “nyanyian” Tony Wong, puluhan cukong kayu ilegal yang sebelumnya tidak pernah tersentuh hukum akhirnya ditangkap. Bahkan belasan aparat hukum dipecat dan sebagian lagi dimutasi dari jabatannya. “Praktek ilegal loging itu saya bongkar karena saya mencintai negeri ini. Tapi, hukum negeri ini malah menghadiahi saya penjara selama 9 tahun. Hukum yang dibuat-buat oleh aparat yang dendam dengan saya,” tuding Tony Wong. [gus]

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: