27 May 2012 – Berkas PB Lengkap, Tony Wong Segera Bebas

Minggu, 27 Mei 2012 , 08:52:00

PONTIANAK– Tony Wong dipastikan segera bisa menghirup udara bebas dengan mendapatkan hak Pembebasan Bersyarat. Persyaratan untuk pembebasan itu kini sudah lengkap, dimana sebelumnya sempat mengganjal lama. ”Tadi siang saya koordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM. Kalau berkas PB untuk Tony Wong sudah lengkap. Masa bebasnya tinggal menunggu proses administrasi,” kata Lim Sui Khiang, Anggota DPR-RI Dapil Kalbar ketika dihubungi Kamis (24/5).

Menurut dia dengan dinyatakan lengkapnya berkas PB Tony Wong memberikan sebuah kepastian hukum dan hak bagi warga negara. Karena sebetulnya Tony Wong sudah lama bisa bebas. Namun banyak ganjalan untuk haknya itu. Yakni dianggap masih mempunyai kasus yang belum tuntas di Kejaksaan Ketapang.”Sementara kasusnya diketahui tidak teregister di MA,” kata Lim.

Ia pun menilai tidak seharusnya Tony Wong dihukum begitu lama. Dimana jaksa menuntutnya dengan sepuluh bulan penjara. Pengadilan mengganjar hukuman yang sama dengan tuntutan Jaksa. Sementara vonis MA lebih lama, yakni selama empat tahun. Lim menambahkan dengan lengkapnya berkas PB Tony Wong merupakan kabar gembira bagi hukum di Kalbar. Termasuk kepada mereka yang telah lama memperjuangkan hak PB Tony Wong. Sebab banyak ganjalan untuk kelancaran semua proses tersebut.

Lim juga berharap kedepan kasus serupa tidak terulang. Yakni warga negara terganjal untuk mendapatkan hak PB. Meski sebetulnya hak itu layak diperoleh. ”Seperti ada pihak yang sengaja mempersulitnya,” kata dia. Sementara Tony Wong terjerat hukum karena tindak pidana ilegal logging. Dia membongkar kasus tersebut. Langkahnya membuat banyak pihak harus terjerat hukum. Termasuk mantan Kapolres Ketapang.

Keberanian Tony Wong harus dibayar mahal. Yakni kesulitan memperoleh hak PB. Banyak ganjalan menghadang, karena disebut masih tersangkut kasus hukum. Sementara kasus itu diketahui tidak terigestrasi di MA. Lim menambahkan, kepastian PB Tony Wong sudah lengkap juga ditandai dengan terbitnya surat MA yang ditujukan ke PN Pontianak. Sebagai anggota DPR dapil Kalbar, lanjut Lim, advokasi terhadap nasib masyarakat Kalbar sudah merupakan bagian dari tanggungjawabnya. (stm)

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: